Selamat Datang

Terima kasih telah berkunjung ke Web pribadi saya.

Teknik Pemecahan Masalah Secara Kreatif dan Unik

Teknik Pemecahan Masalah

Pemimpin yang efektif tahu bagaimana cara mengatasi masalah. Mereka bukan hanya murung meresahkan apa yang mereka lakukan, dan yang berharap pemecahan masalah datang dengan sendirinya. Mereka mempunyai metode tertentu yang mereka gunakan sebagai alat yang tepat untuk tugas yang tepat pula. Dan… kemudian maju terus. 

Ada 3 alat untuk membantu Anda mengatasi masalah sebagai seorang pemimpin, yaitu:
1.    Pendobrakan Otak
2.    Teknik Psikologis
3.    Analisis Terhadap Alternatif

Mari kita bahas penjelasan detilnya satu per satu. 

1. Pendobrakan Otak

Pendobrakan otak adalah sekelompok metodologi untuk memecahkan masalah . Teknik pendobrakan otak dalam bahasa Inggrisnya biasa disebut dengan Brain Storming. Gagasan dasarnya sangat sederhana. Dua individu atau lebih berkumpul dan saling melontarkan gagasan antara yang satu dengan yang lain. Tidak ada gagasan yang dilarang betapa pun gilanya. Gagasan dibentuk antara yang satu dengan yang lainnya dan akhirnya timbul pemecahan yang dikehendaki….. Gunakanlah pendobrakan otak dibawah kondisi berikut ini:
  • Kelompok Anda terdiri dari banyak macam keahlian dan Anda ingin menggunakan sebanyak mungkin dari keahlian itu.
  • Anda menginginkan komitmen maksimum untuk memecahkan masalah dan mendapatkan jalan keluar. Maka mereka akan punya kepemilikan, akan pemecahan masalah tersebut.
  • Anda menginginkan pemecahan masalah yang benar-benar kreatif. Maka Anda akan bersikap santai saja menyaksikan jalannya acara pendobrakan otak. Anda akan mendengarkan segala macam gagasan. Beberapa gagasan sangat aneh dan tidak akan jalan. Walaupun demikian kenyataan bahwa Anda bersedia mendengarkan, akan menemukan beberapa gagasan yang sangat kreatif. Bahkan kita boleh bertaruh bahwa apa pun jalan keluar yang timbul dari acara pendobrakan otak, gagasan ini tidak akan terpikirkan oleh Anda sendiri.

Menyelenggarakan acara pendobrakan otak adalah merupakan tantangan yang  tidak kepalang tanggung. Tantangan itu adalah mendapatkan gagasan maksimum sebisa-bisanya dan jangan sampai membunuh gagasan apa pun secara prematur. Anda harus mempertahankan kondisi tanpa mengurangi antusiasme. Dan percayalah, dalam acara pendobrakan otak yang efektif gagasan-gagasan…… akan keluar sebanyak-banyaknya dan cepat sekali.

Berikut adalah contoh orang-orang yang menggunakan teknik Pendobrakan Otak.

Jenderal Courtney Withney:
Menjalankan tugas bersama dengan Jenderal Mac Arthur. Ketika Mac Arthur ditanya  Whitney apa yang membuat Arthur besar  dia menjawab: ……… ,”Arthur membuat anak buahnya merasa bahwa sumbangan mereka penting…., bahwa mereka adalah orang yang berguna. Pendobrakan otak bisa mendatangkan mukjijat.

Mayjend William Rowley
Bertugas dalam cadangan angkatan udara AS disamping menjadi usahawan terkenal. Pada menjadi seorang Brigadir Jenderal…. mengambil alih penelitian dan pengembangan cadangan Angkatan Udara di California yang mendapat masalah serius. Selama 6 bulan organisasi itu tak punya panglima. Pada waktu Rowley memegang komandan, moral merosot sekali dan efektifitas rendah.
Rowley mengumpulkan staf cadangan Senior untuk melakukan acara pendobrakan otak. Dalam waktu 8 (delapan) jam kerja produktif, pertemuan ini bisa menghasilkan…. Struktur organisasi baru…. Sasaran organisasi baru….. dan tujuan hidup diperbaharui.
Rowley membuktikan kebenaran pernyataan Jenderal Patton…., Organisasi mana pun juga, bisa didorong ke keadaan….. moral tinggi…. dengan jangka waktu seminggu.
Satu bulan kemudian organisasi melakukan salah satu konfederasi latihan sejenisnya yang paling besar pernah dilakukan. Sumbangan masa damainya pada tugas aktif dalam angkatan  yang didukungnya begitu besar. 

Dan kesiap siagaanya untuk mobilisasi sampai ke tingkat standar  yang tinggi,  sehingga organisasi memperoleh banyak surat penghargaan.
Rowley naik pangkat yang layak diperolehnya. Dan pemegang satu kedudukan tertinggi bagi Perwira Cadangan dalam Angkatan Udara. 

2. Teknik Psikologis

Teknik ini berhubungan dengan penggunaan pikiran. Beberapa pemimpin menghindari penggunaan teknik ini, sebabnya…. Para pemimpin cenderung merupakan orang aktif yang keras kepala. Mereka menganggap segi psikologis cenderung berbau lunak dan tidak pasti, hal yang penuh perasaan…. Dan biasanya banyak orang yang tak suka. Namun banyak dari pemimpin-pemimpin serupa yang akan terkejut, bahwa mereka pernah memakai teknik psikologis dalam memecahkan masalah tanpa disadarinya. Pernahkah Anda mengalami hal semacam itu ? Pernahkah Anda mengalami kasus , ketika Anda mempunyai masalah yang mengganggu Anda, …… dan akhirnya Anda tertidur tanpa menemukan pemecahannya ? Kerap kali tanpa ada yang mendorong Anda di pagi hari ketika bangun Anda sudah mendapatkan pemecahannya….. Pemecahan itu muncul dengan sendirinya dan dalam benak Anda dan bahkan tidak perlu memikirkannya.  Dan kalau memikirkannya…. Mungkin Anda berpikir bahwa itu adalah berkat intuisi Anda.
Pikiran sadar Anda tidak berhasil menemukan pemecahan masalah. Pikiran sadar akhirnya kelelahan…. dia harus tidur… Tapi Anda juga mempunyai pikiran bawah sadar yang tidak pernah tidur. Dia terus terjaga selama 24 jam sehari…. Tetapi hanya memegang kontrol ketika pikiran sadar atau kesadaran Anda tertidur. 
Jadi walau pun pikiran atau kesadaran Anda tertidur tanpa menemukan solusi, masalah itu diserahkan kepada pikiran bawah sadar Anda. Pada saat yang tepat setelah Anda terbangun…. Bawah sadar akan memberikan pemecahan pada kesadaran Anda.

Berikut adalah contoh orang yang menggunakan Teknik Psikologis dalam pemecahan masalah:

Donald Trump  dalam buku “ The Art of the Deal”
Membuktikan sangat pentingnya fenomena ini. Pernah seorang temannya menginginkan agar Trump menginvestasikan 50 juta dollar dalam usaha yang tidak mungkin rugi. Pada mulanya Trump setuju dan sudah disiapkan dananya. Dan kemudian pada suatu pagi saya terbangun dan saya merasa ….. ada yang tidak beres. Trump lalu memutuskan untuk tidak menginvestasikan uangnya. Beberapa bulan kemudian perusahaan itu bangkrut. Para investor di perusahaan itu kehilangan semua modal yang ditanamkannya.

Begitu Anda memiliki semua fakta ….. bawah sadar Anda melakukan pekerjaan yang lebih dalam memecahkan masalah dari pada kesadaran Anda. Mengapa? Alasannya bawah sadar Anda mempunyai waktu lebih banyak untuk memecahkan masalah…. Kebanyakan orang tidak bisa tetap tenang cukup lama untuk memikirkan suatu masalah. Tidak demikian halnya dengan pikiran bawah sadar Anda. Pikiran bawah sadar akan terus bekerja selama kita tidur.

3. Analisis terhadap alternative

Menetapkan pusat gravitasi….. adalah merupakan bagian penting dari metode pemecahan masalah. Jika seorang dokter tidak mendiagnosa suatu penyakit secara tepat, maka obat yang dituliskan pada resepnya tidak akan menyembuhkan pasien. Bahkan malah bisa mencelakakan pasien tersebut. Prinsip ini yang sama juga berlaku pada pemecahan masalah.

Jenderal Carl Von Clause With
Adalah seorang jenderal dalam perang Napoleon. Bukunya berjudul “On War” merupakan buku paling masyhur tentang hakikat peperangan. Menurutnya, “Dalam situasi apa pun, peperangan mana pun, musuh mempunyai satu atau lebih pusat gravitasi….. Sebuah pusat gravitasi merupakan pusat semua kekuatan dan gerakan yang menjadi tempat bergantung segala-galanya dan itulah…. titik yang harus menjadi tujuan semua energy kita.” Hal yang sama berlaku pula dengan masalah kepemimpinan. Kita harus mengenali pusat gravitasi situasi masalah, sehingga kita bisa mengerahkan seluruh energi kita… ke titik tersebut.

Sumber:
Rangkuman dari berbagai buku motivasi dan pengembangan diri.
Share on Google Plus

About Blog Armein

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar